APBN-P dan Tax Amnesty Telah Di Sahkan Oleh DPR



Time Is Money - Sidang Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) akhirnya mengesahkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Perubahan 2016 menjadi Undang-undang (UU). Pemerintah sudah bisa menjalankan APBN bernilai Rp2.082 triliun tersebut. 

Selain itu Sidang paripurna DPR juga mengesahkan Rancangan Undang-undang Pengampunan Pajak AGEN POKER atau Tax Amnesty menjadi Undang-undang. 

Sidang dipimpin oleh Ketua Umum DPR Ade Komarudin. Dari pemerintah, hadir Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro dan Menteri Hukum dan HAM Yasona Laoly. 

"Dengan demikian kita sepakati APBN P 2016," kata Ade sambil mengetok palu sidang di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (28/6). 

Compositions pengambilan keputusan tidak berlangsung mulus. Sejak dimulai pukul 11.00 WIB, hujan interupsi mewarnai jalannya sidang. 

Diawali dengan perdebatan pengesahan R-APBN P atau RUU AGEN BANDARQ pengampunan pajak yang dimulai lebih dulu. 

Inipun akhirnya ditutup dengan pengesahan RUU pengampunan pajak terlebih dahulu. Baru kemudian berlanjut kepada R-APBN P 2016. 

Berikut postur APBN-P 2016: 

A. Pendapatan Negara dan Hibah Rp1.786,225 triliun, turun dari sebelumnya Rp1.822,545 triliun 

Pendapatan negara ini antara lain didapat dari penerimaan perpajakan yang nilainya Rp1.539,166 triliun, turun dari sebelumnya Rp1.546,664 triliun. 

Lalu ada juga penerimaan negara bukan pajak (PNBP) BANDAR DOMINO99 Rp245,083 triliun, turun dari sebelumnya Rp273,849 triliun. Ini akibat penurunan PNBP pada hasil sumber daya alam (SDA). 

Pemerintah juga menargetkan dividen BUMN tahun ini adalah Rp34,164 triliun. 

Belanja Negara Rp2.082,948 triliun, turun dari sebelumnya Rp2.095,724 triliun 

Pemerintah memangkas belanja pemerintah pusat menjadi Rp1.309,695 triliun, dari sebelumnya Rp1.325,551 triliun. 

Sementara exchange ke daerah dan dana desa naik menjadi Rp776,252 triliun, dari sebelumnya Rp770,173 triliun. 

Dari jumlah ini, muncul defisit Rp296,723 triliun atau Rp2,35% dari PDB. Defisit ini berubah dari sebelumnya Rp273,178 triliun atau 2,15% dari PDB. 

UU Tax Amnesty 

Sebelumnya pengesahan Rancangan Undang-undang Pengampunan Pajak atau Tax Amnesty menjadi Undang-undang. merupakan hasil kesepakatan rapat yang dihadiri 298 anggota dewan. 

"Apakah RUU Tax Amnesty dapat disahkan?" tanya Ketua DPR Ade Komarudin, yang memimpin rapat. 

Tak sempat mendengarkan pendapat anggota dewan yang lain, palu tanda pengesahan cepat diketuk. "Tok" , tanda RUU tersebut sah menjadi UU. AGEN DOMINO 

Pengesahan UU Pengampunan Pajak hari ini sempat diwarnai perdebatan. Penolakan withering keras disampaikan Ecky Awal Muharam dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera. 

"Kami keberatan. Dan kami setuju untuk di-voting," tutur Ecky. 

Keberatan Ecky dilontarkan lantaran aturan ini dinilai mencederai asas keadilan. "Ibu-ibu beli gula bayar PPN DOMINO ONLINE, petani beli alat-alat bayar PPN, buruh beli save part bayar PPN. Lalu ini orang yang nggak tahu hartanya dari mana? Apakah hasil kejahatan atau bukan? malah diberi pengampunan pajak," tutur Ecky. 

Pernyataan Ecky memicu emosi anggota dewan lainnya. "Yang mulia, semua penjelasan itu sudah dibahas di tingkat Panja (panitia kerja)," teriak Misbakhun anggota dewan dari Fraksi Partai Golkar. 

Seluruh dinamika rapat yang berlangsung kurang lebih 3 jam tersebut berakhir dengan persetujuan semua anggota dewan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »