PT Toyota Astra Motor (TAM) Fortuner VRZ 2.4 A/T 4x2



Time Is Money - Usai diluncurkan secara resmi, PT Toyota Astra Motor (TAM) juga memberikan kesempatan kepada para awak media untuk dapat mencicipi langsung bagaimana pengendaraan All-new Toyota Fortuner terbaru ini. Ada tiga varian yang disediakan untuk dicoba, namun kami memilih untuk menjajal varian Fortuner VRZ 2.4 A/T 4x2 yang kami prediksikan akan menjadi varian terlaris di segmen ini. 

Desain Tangguh Saat pertama kali selubungnya dibuka, Fortuner baru sudah menunjukan kemewahannya dengan tampilan belt yang menyegarkan. Meski flame broil nya mengingatkan saya pada salah satu SUV lansiran Jerman yang telah lebih dulu hadir beberapa tahun lal, namun hal ini tetap memberikan nilai kebaruan yang kental pada Fortuner. Jika dibandingkan saat melihat sosok "unik" All-new Mitsubishi Pajero Sport secara langsung dua hari lalu, mobil ini tampak sekali memiliki desain yang "aman". Ya, Toyota memang withering ahli dalam mendesain mobil yang dapat menjadi selera setiap orang, bukan sesuatu yang istimewa, tapi semua orang menyukainya. DOMINO ONLINE

Flame broil dan guard yang menyatu memberi kesan berotot, sementara lampu utama yang sipit menyuguhkan teknologi yang pertama kali digunakan di kelasnya yaitu Bi-LED. Teknologi ini memungkinkan Fortuner memiliki lampu jauh dan lampu dekat dalam satu proyektor lampu berteknologi LED. Kehadiran Daytime Running Lights (DRL) juga menjadikan mobil ini tampil layaknya sebuah mobil premium.

Dari samping, garis bahu di bagian belakang bodi dibuat mengkurva memberikan kesan mengalir sehingga tampil lebih dinamis. Kaca jendela samping belakang yang menyambung dengan kaca belakang menghasilkan kesan atap yang mengambang. Di bagian atas terdapat antena sirip hiu serta hadirnya rooftop rail. Kesan tangguhnya juga diberikan oleh penggunaan velg berukuran 18 inci berbalut boycott 265/60 R18.

Yang cukup mengesankan, adalah tersedianya pintu bagasi belakang dengan fitur power door. Hal yang tak dimiliki sang rival, Pajero Sport ini patut diacungi jempol, karena memberikan kemudahan untuk membuka-tutup pintu bagasinya yang berukuran masif. Sekali lagi, tampilan bagian belakang Fortuner juga cukup tradisional, tak beresiko menghasilkan impresi awal negatif serta menjadi selera setiap orang, dengan daya pikat utama teknologi LED pada lampu belakangnya.



Kabin yang Mewah Tampilan dashboard Fortuner memiliki goodbye letak dan bentuk yang nyaris serupa dengan milik Kijang Innova. Desain yang tegak serta bagian atas dashboard yang rata menjadi ciri khasnya saat ini. Balutan warna gelap, dipilih untuk menghasilkan kesan premium. Yang cukup cerdas dilakukan Toyota adalah tidak digunakannya board serupa kayu pada dashboardnya, namun mereka memilih menempelkan bantalan empuk berlapis kulit pada board aluminum di konsol tengah. Tak hanya unik, kehadiran subtle element jahitan semakin mempertegas kemewahannya.

Di dashboard tersedia tak hanya glove box, namun juga terdapat laci pendingin di bagian atas. Sementara di konsol tengah, head unit dengan layar sentuh 8 inci menawarkan berbagai keunggulan konektivitas, mulai USB, Bluetooth, HDMI hingga reflecting. Toyota juga memberikan sistem navigasi pada head unit Fortuner. AGEN POKER

Di bagian tengah, Anda dapat menemukan board kayu, untungnya, warna coklat tua yang mendekati dengan warna pelapis tempat duduknya membuat kesan mewahnya tak ternodai. Tuas transmisi model tangga juga menjadi ciri khas produk Toyota. Berbeda dengan Pajero Sport yang telah menggunakan electronic stopping brake, Fortuner masin menggunakan tuas rem parkir konvensional.

Keunggulan lain yang diberikan kabin Toyota adalah adanya fitur bubble head lining, yang memberikan ruang ekstra untuk kepala. Seperti juga lawannya, perubahan dimensi yang semakin besar menjadikan ruang kaki baris kedua terasa lebih lapang. Posisi duduknya nyaman berkat lantai yang juga tidak terlalu rendah. Sayangnya, tak ada godaan sunroof pada Fortuner meski pada varian termewahnya. Sebagai gantinya, Toyota menempelkan sistem hiburan untuk penumpang belakang berupa layar screen 12 inci yang dapat memutar film melalui head unit.

Untuk mengakses baris ketiga, kini cukup dengan mengungkit satu tuas, yang disebut one touch tumble. Di sini, Toyota tampaknya memberikan perlakuan yang sama bagi penumpang withering belakang yang dapat merasa tenggelam akibat head rest bangku baris kedua yang besar. Ruang kaki baris ketiga juga tak dapat dikatakan lapang untuk orang dewasa, namun masih memberikan kenyamanan bagi anak-anak. Compositions pelipatan bangku baris ketiga, serupa dengan Kijang Innova, kini lebih ringan dan mudah dalam expositions pelipatannya. AGEN BANDARQ



Performa Mumpuni Melihat angka-angka di lembar spesifikasi, Fortuner harus mengakui keunggulan Pajero Sport. Dengan mesin diesel baru 2,4 liter in addition to VNT dan intercooler, Fortuner "hanya" menawarkan tenaga puncak 149,6 ps dengan torsi 400 Nm. Sangat jauh jika dibandingkan lawannya yang mencapai 181 ps dan torsi 430 Nm. Belum lagi penggunaan transmisi otomatis 6-speed, meski merupakan sebuah lompatan dari generasi sebelumnya yang hanya 4-speed, rivalnya telah menggunakan transmisi otomatis 8-speed.

Namun hal ini sebenarnya tak perlu dikhawatirkan oleh Toyota. Terbukti saat kami coba, Fortuner masih tetap dapat menyuguhkan agresifitas yang diinginkan, withering tidak dalam lahan uji yang terbatas saat ini. Tersedianya mode pengendaraan Eco dan Power memberi keleluasaan bagi konsumen untuk memilih cara berkendaranya. Pada mode Power, akselerasi yang dihasilkannya terasa lebih spontan, dan panjang karena compositions perpindahan transmisi dilakukan di putaran mesin lebih tinggi. Apalagi kini Fortuner telah memiliki paddle shift, sehingga lebih mengasyikan dalam berkendara. BANDAR DOMINO99

Pengendaraan dan Pengendalian Duduk di balik kemudi Fortuner, visibilitas yang diberikan cukup lapang. Apalagi dengan ground clearence tinggi, mampu memberikan kesan predominant di tengah lalu lintas perkotaan. Putaran roda kemudinya cukup ringan, withering tidak lebih baik dibandingkan putaran setir Kijang Innova. Saat bermanuver di kecepatan rendah kemudinya cukup presisi. Genggaman setir yang nyaman juga memberi kontribusi menyenangkan saat berkendara.

Pada generasi sebelumnya, Fortuner memberikan peredaman suspensi yang seimbang jika dibandingkan dengan dua rivalnya, yaitu Pajero Sport dan Isuzu mu-X. Namun kini dengan peningkatan kemampuan suspensi Pajero Sport, Fortuner terasa lebih keras saat menghadapi beberapa hambatan buatan di zone test drive. Sayangnya, lokasi pengujian yang terbatas menjadikan pengujian pengendaraan tidak ideal. Salah satu hal yang cukup signifikan perubahannya adalah peredaman kabin yang semakin senyap.



Fitur Keselamatan Jaminan keselamatan pada varian yang kami gunakan ini memang terbatas, tak seperti pada varian tertingginya yang berpenggerak 4x4. Pada Fortuner VZR 4x2 ini, sistem remnya telah menggunakan ABS dengan bantuan EBD, namun belum mengadaptasi Brake Assist. Soal sistem pengereman ini, masih digunakannya rem tromol di roda belakang cukup mengejutkan. Karena dengan bertambahnya tenaga dan bobot, penggunaan rem cakram dipastikan akan lebih baik. Namun menurut pihak Toyota, penggunaan rem tromol di belakang sudah lebih dari cukup untuk memberi jaminan keselamatan bagi Fortuner baru. Fitur keselamatan lain yang juga menarik adalah tersedianya knee airbag di seluruh varian Fortuner 2016. AGEN DOMINO


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »