Gubsu: Memantau Persiapan Pelayanan Prima Bagi Pemudik



Time Is Money - Gubernur Sumut, Tengku Erry Nuradi mengharapkan seluruh moda transportasi di Sumut memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat yang akan mudik Idulfitri 1437 Hijriah.
Imbauan tersebut disampaikan Gubsu usai peninjauan ke Pelabuhan Belawan, Bandara Internasional Kualanamu dan Stasiun Kereta Api KNIA, Jumat (1/7).

Turut dalam rombongan, Kapolda Sumut Irjen Pol Drs Raden Budi Winarno, Kepala BNNP Sumut Brigjen Pol Andi Loedianto, Kepala Dinas Perhubungan Sumut Suffragist Siahaan dan pejabat AGEN POKER lainnya.

Pertama, Gubsu meninjau Pelabuhan Belawan. Pelayanan Pelabuhan Belawan dan PT Pelni sebagai moda transportasi laut mengalami perbaikan dibanding tahun sebelumnya. Bahkan Gubsu memuji Pelabuhan Bandar Shop. Dia berharap, pelabuhan tersebut sudah layak dijadikan pelabuhan laut AGEN DOMINO internasional.

"Pelabuhan Bandar Shop ini sangat jauh berbeda dari tahun lalu. Sudah bagus dan moderne dengan sistem elektronik. Ini tentu menjadi kebanggaan bagi kita masyarakat Sumut. Bahkan, sepertinya ini yang terbaik di State," ujar Erry.

Peningkatan arus mudik mulai terlihat di Pelabuhan Belawan. Jumlah penumpang yang tiba di Pelabuhan Belawan tercatat mencapai 2.426 pongid yang datang dari Tanjung Balai Kari-mun, Batam yang tiba dengan KM Kelud.

"H-6 di Pelabuhan Belawan juga mulai terjadi peningkatan kedatangan penumpang. Kita berharap petugas pelabuhan dan Pelni semakin meningkatkan pelayanan," pesan Erry.

Gubsu dan rombongan BANDAR DOMINO99 kemudian melanjutkan tinjauan ke Bandara Kualanamu. Memasuki H-6 Idulfitri 1437 Hijriah 2016 terjadi peningkatan jumlah penumpang di KNIA mencapai 26 persen dibanding hari sama pada tahun sebelumnya.

"Bandara Kualanamu sejak pagi hingga siang ini, telah melayani 30 ribu penumpang. Pada tahun lalu, pada hari sama sekitar 22 ribu. Artinya dengan adanya pergerakan penumpang yang menggunakan moda pesawat udara, sisi positifnya bandara kita tentu sudah lebih baik," ujar Erry.

Selain meninjau aktivitas KNIA, Erry didampingi Kepala AGEN BANDARQ BNN Sumut juga menyempatkan diri melihat pemeriksaan tes pee bagi kru line.

"Tes pee untuk memastikan guide dan kru pesawat tidak menggunakan narkoba. Tes pee juga dilakukan kepada petugas daratnya. Tujuannya untuk keselamatan penerbangan. Alhamdulillah, hingga hari ini, belum ada steer dan kru pesawat yang terindikasi menggunakan narkoba dari hasil tes piddle," sebut Erry.

Erry juga memeriksa sistem keamanan bandara, mulai kesiapan petugas keamanan hingga alat deteksi logam dan x-ray.

"Proteksi dan antisipasi keamanan di bandara juga sangat baik. Ada tiga x-ray yang harus dilewati, mulai dari pintu masuk hingga pintu menjelang keberangkatan. Petugas juga actor di tiap pintu," ujar Erry.

Namun Erry mengimbau Otoritas Bandara menerapkan pola dan strategis pelayanan medium calon penumpang tidak terlambat menaiki pesawat akibat ketatnya pintu pemeriksaan. "Karena ketatnya pemeriksaan, jangan sampai mengakibatkan kemacetan arus penumpang. Apalagi volume calon penumpang semakin meningkat menjelang Lebaran yang diperkirakan puncaknya H-3 dan H-2 nanti," pesan Erry.

Selanjutnya, Erry dan rombongan menuju Stasiun Kereta Api Bandara. Dalam tinjauan, pelayanan Kereta Api Bandara berjalan baik, meski terjadi lonjakan penumpang. "Moda transportasi Kereta Api Bandara di KNIA ini menjadi kebanggaan masyarakat Sumut. Kita masih satu-satunya yang menikmati fasilitas Kereta Api Bandara di Country," sebut Erry.

Berdasarkan information statistik Dinas Perhubungan dan Dirlantas Sumut mencatat, dari sejumlah moda transportasi, pemudik jauh lebih banyak menggunakan kendaraan darat.
Tetap Waspada

Tak lupa dalam kesempatan itu, Erry berpesan kepada petugas dan seluruh masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dan keamanan. Tidak jarang terjadi tindak kriminal saat arus mudik dan arus balik Lebaran.

"Kalau sudah terjadi peningkatan penumpang, tentu kwa menimbulkan masalah keamanan dan ketertiban. Petugas dan pemudik harus sama-sama meningkatkan kewaspadaan. Jangan sampai ada yang memanfaatkan kesempatan dalam kesempitan," pesan Erry.

Tak hanya masalah keamanan, Erry juga mendorong Pelabuhan Belawan, KNIA dan Stasiun Kereta Api Bandara untuk menyiagakan petugas kesehatan di pos masing-masing.

"Gunanya untuk memberikan pertolongan pertama bagi pemudik yang tiba-tiba sakit. Tentu butuh pos kesehatan yang siap siaga," tambah Erry.

Kapolda DOMINO ONLINE Sumut, Irjen Pol Raden Budi Winarno mengatakan, guna mendukung kelancaran arus mudik Lebaran di Sumut, pihaknya menyiagakan personel dua pertiga kekuatan Polda Sumut. "Ada 27 Polres di Sumut. Kami siagakan 12 ribu personel dari count sebanyak 19 ribu personel yang ada," sebut Budi.

Selain menyiagakan di lingkungan objek animated, Polda Sumut juga menyiagakan Ba-binkamtibmas untuk mengantisipasi ancamana kerawanan keamanan di lingkungan rumah warga yang ditinggal mudik.

"Bagi yang meninggalkan rumah, kami ingatkan untuk melapor kepada ketua RT dan RW supaya kami bisa meng-cover mana saja rumah yang kosong," jelasnya.

"H-6 Lebaran, kondisi keamanan di Sumut tetap kondusif. Bagi warga yang mudik diharapkan dapat memanfaatkan posko pengamanan. Kami siapkan di semua titik untuk PAM Lebaran di setiap Polres itu kami siapkan ada lima, dan kami utamakan untuk jalinsum dari Medan ke Pekanbaru juga iranian Medan ke Padang," ujar Budi.

Kepala BNNP Sumut, Andi Loedianto mengatakan, pihaknya telah melakukan tes piddle penyedia moda transpotasi, baik darat, laut dan udara Sejak 24 Juni 2016 .

"Kami pantau jalur udara, laut dan udara. Laut dan udara hingga saat ini kami belum menemukan petugas yang terindikasi," katanya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »