Pembatalan Kerja Sama APRIL Group Dengan KLHK



Time Is Money - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar telah membatalkan kerja sama KLHK dengan APRIL Group ( PT. Gemilang Cipta Nusantara) terkait pengelolan Taman Nasional Zamrud di Siak, Riau.

Pembatalan ini disebabkan adanya berbagai indikasi penyimpangan yang telah ditemukan oleh KLHK. Pernyataan tersebut disampaikan oleh Sekertaris Jendral Kementerian AGEN POKER Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Bambang Hendroyono.

Bambang menyatakan perjanjian kerja sama antara PT. Gemilang Citra Nusantara dengan Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau Tandya Tjahjana yang dilakukan di Jakarta pada tanggal 29 Juni 2016 lalu, prosesnya ternyata tak sesuai prosedur.

Keputusan AGEN DOMINO membatalkan perjanjian itu telah dibuat langsung Menteri Siti. Pembatalan dilakukan setelah menemukan adanya klaim sepihak dari pihak APRIL (Asia Pacific Resources Internasional Holding Ltd-red) yang dapat menyesatkan public, tentang kolaborasi antara pemerintah dan perusahaan PT. Gemilang Cipta Nusantara dalam hal pengelolaan Taman Nasional Zamrud.

Hal yang paling disayangkan dalam siaran per situ keluar pada hari yang sama saat TNZ resmi dinyatakan sebagai Taman Nasional ke – 52 di Indonesia, yang ditandatangani oleh Wakil Presiden AGEN BANDARQ Jusuf Kalla, Jumat (27/7) saat menghadiri Hari Lingkungan Hidup se-Dunia 2016 tingkat Nasional di Siak, Riau.

“Surat resmi pembatalan perjanjian kerja sama ini dikeluarkan hari Senin (25/7). Perjanjian tersebut tidak konsisten dengan aspek-aspek legalitas tertentu dan mengandung banyak penyimpangan,” kata Sekjen KLHK Bambang Hendroyono.

KLHK menyatakan sangat terbuka untuk bekerja sama dengan semua pemangku kepentingan, termasuk pihak swasta. Namun setiap kerja sama harus sesuai dengan semua aspek legalitas dan harus sesuai dengan prosedur yang berlaku.

 “Kami sangat menyesalkan keluarnya siaran pers yang dibuat oleh APRIL tanggal 21 Juli dengan mengajukan klaim kolaborasi GCN dengan BBKSDA Riau dalam pengelolaan TNZ. Semua itu tidak melalui persutujuan kami,” tegas Bambang.

Menteri DOMINO ONLINE LHK Siti Nurbaya, telah memerintahkan penyelidikan menyeluruh pada internal KLHK yang terlibat dalam masalah ini. Jika ditemukan ada aturan atau prosedur yang dilanggar, maka akan dikenakan sanksi seberat-beratnya sesuai aturan yang berlaku.

KLHK juga mengingatkan kepada pihak perusahaan untuk tidak melanggar prosedur yang berlaku dalam melakukan kerj sama dengan pemerintah. Bambang menegur dengan tegas agar perusahaan tidak mengklaim kawasan konservasi dan hutan lindung sebagai bagian dari kepentingan bisnis mereka.

Pihak KLHK juga menyatakan tidak akan menyetujui konsep lansekap konservasi APP, yang telah mengklaim kawasan konservasi dan hutan lindung ke dalam lansekap konservasi dari group APP.

“Itu jelas salah secara legal dan kami telah tolak konsep tersebut,” tegasnya BANDAR DOMINO99.

Sementara itu, Dirjen Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan, Profesor San Afri Awang, turut menegaskan perjanjian kerja sama antara BBKSDA Riau dan APRIL, bertentangan dengan peraturan yang berlaku.

“Perjanjian kerja sama ini melanggar semua prinsip-prinsip kehutanan yang baik dan tata kelola lingkungan. Perjanjian itu dibuat tanpa melalui prosedur dan tidak berdasarkan peraturan hukum yang berlaku,” ujarnya.

San Afri mengatakan lansekap konservasi yang diajukan APP telah ditolak oleh KLHK. Saat ini APRIL dinilai sedang melakukan ‘trik’ serupa.

“Karena kawasan konservasi dan hutan lindung tidak boleh berubah menjadi ‘jaminan’ untuk klaim bisnis dipasar global. Cara-cara serupa ini tidak fair. Jika kita membiarkan  hal ini terjadi, kita pada dasarnya mendukung praktek-praktek yang bertentangan dengan hokum dan peraturan di Indonesia,” jelasnya.


Dilanjutkan SanAfri, KLHK saat ini dalam proses penguatan tata kelola kehutanan dan lingkungan yang baik. Karena itu kerja sama dari berbagai pihak dibutuhkan berperan, termasuk dari sektor swasta. Namun hingga kerja sama ini tetap harus sesuai dengan norma dan aturan hokum yang berlaku.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »