Nyeri Kronis yang Berlebihan Mengakibatkan 'Depresi' Pada Miss V



Time Is Money - Nyeri hebat yang terjadi pada vagina bisa jadi tanda wanita mengalami vulvodynia. Vagina joke kerap disebut bisa "depresi" karena kondisi ini. Nah, sebenarnya, apa itu vulvodynia?

Maria Sophocles, MD, dokter spesialis AGEN DOMINO obstetri dan ginekologi sekaligus direktur medis Women's Healthcare of Princeton di New Jersey mengatakan vulvodynia adalah sindrom nyeri kronis pada vagina. Nyeri yang dialami datang tiba-tiba dan bisa bertahan dalam waktu yang lama.

"Keluhan biasa disertai sensasi terbakar, tersengat, gatal, berdenyut, bengkak, dan nyeri menyakitkan. Sayangnya, banyak peremuan bahkan tidak tahu jika dia mengalami kondisi ini. Apalagi, conclusion cukup sulit karena saat diperiksa kondisi vagina terlihat typical," terang Ross, dikutip dari Women's Health. DOMINO ONLINE

Ross mengatakan umumnya, dokter akan melakukan pemeriksaan menggunakan kapas untuk memberi tekanan ke berbagai bagian vagina. Kemudian, pasien diminta memberi tahu seberapa parah rasa sakit yang timbul ketika region vagina tersebut ditekan.

Dikutip dari Web AGEN POKER MD, meski penyebab pasti vulvodynia belum diketahui, beberapa penelitian menyebutkan kemungkinan penyebab kondisi ini di antaranya cedera atau iritasi pada saraf, respons unusual sel vulva dalam menghadapi infeksi atau injury, faktor genetik, hipersensitivitas terhadap infeksi ragi, kejang otot, alergi atau iritasi bahan kimia, perubahan hormon, dan penggunaan antibiotik yang tidak bijak.

Untuk tatalaksana vulvodynia, bisa dilakukan perubahan gaya hidup. Misalnya saja menghindari kontak zone vagina dengan bahan-bahan kimia, menghindari berenang di kolam dengan kandungan klorin tinggi, membasuh vagina dengan bersih setelah pipis, BAB, atau bercinta, kemudian hindari makanan yang bisa membuat pee bersifat iritatif. Contohnya sayuran hijau, berry, kacang-kacangan, dan cokelat. BANDAR DOMINO99

Kemudian, jaga vagina tetap kering dan tidak lembab. Selain perubahan gaya hidup, konsumsi obat-obatan, terapi, bahkan operasi bisa dilakukan untuk mengatasi kondisi ini. Beberapa cara juga bisa dilakukan untuk meredakan keluhan. Di antaranya menghindari aktivitas yang bisa memberi tekanan langsung pada vulva, menggunakan pelumas larut air saat bercinta, berendan di air hangat atau air dingin, mengompres vagina dengan ice gel atau es batu yang dibungkus handuk setelah bercinta, dan melakukan relaksasi.

"Pada beberapa kasus, antidepresan bisa mengatasi kondisi ini. Meskipun, belum diketahui sebab pastinya dan dosis yang digunakan lebih rendah dari dosis untuk mengatasi depresi," kata dokter spesialis obstetri dan ginekologi, Tara Allmen, MD AGEN BANDARQ.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »